nearing twenty

December 3, 2008

seratus empat puluh empat hari lagi ada dua puluh lilin di kue ulang tahun gw.

satu lilin bertambah, satu tahun lewat begitu saja. saat semuanya berjumlah dua puluh, gw ingin bahagia. serba berkecukupan. saat hari-hari tidak berjalan sempurna namun menyenangkan dan beres2 aja. walaupun begitu, ada satu yang ingin gw capai pada waktu itu melebihi yang lain:

kemapanan.

entah ya, tapi saat umur lo udah bukan belasan lagi, lo bakal nyadar ada yang harus lo kejar selain makan 3 kali sehari dan tidur 8 jam. lulus kuliah, kerja, menikah. sepaket, wajib diambil. saat lo punya pilihan, ninggalin kehidupan lo yang sampah sekarang atau menambah beban hidup lo kalau lo masi kuat. either you work hard play harder or you don’t play at all.

liat lo yang sekarang. lo bukan siapa2. lo cuma diri lo sendiri yang tenggelam di kenyamanan hidup lo sekarang. lo yang ga pernah mempermasalahkan kalau lo cuma bisa minta duit kalau udah abis atau lo yang ga bisa nyetir dan ga punya mobil. lo yang nyantaii walaupun ga punya seseorang di samping lo dengan hubungan yang jelas dan bener, ga kayak masa lalu lo. lo yang melupakan keinginan lo belajar bahasa italia dan fotografi hanya karena lo terlalu sibuk ngurusin rapat demi rapat di kampus. apa? mau membela diri kayak apa lagi? akuin aja, lo ga pernah punya cukup kemauan buat mengubah diri lo. dan 6 taun lagi lo mau nikah? emang seberapa jauh lo berubah selama 6 taun terakhir? emang lo bisa jadi orang yang lebih baik lagi? boleh aja lo bangga sama diri lo yang sekarang, tapi liat aja nanti seberapa bangga orang lain sama diri lo. ga perlu lagi lo terus2an nyuruh diri lo buat bangun. Lo udah bangun.

Tinggal pikirin aja abis bangun mau ngapain.
Tidur lagi?

Bandung, 3 Desember 2008
Sebuah post yang tercetus dari sebuah kekhawatiran berupa usia pernikahan.

4 Responses to “nearing twenty”

  1. saskhyaauliaprima said

    tongkat 20 tahun sekarang ada di elo ya ramm..gw sudah melaluinya tanggal 21 bulan lalu and still this young adulthood phase distract my thoughts every single da ..

    6 taun lagi? gw pgnnya 4 taun atau 5 deh paling pol..dan skrg? gw sendiri aja ga jelas ga fokus kebiasaan.

    kata temen seangkatan gw yang usianya 21 tahun: being 20 is just another phase that you`ll go through..tergantung mulai skrg apa yang ingin lo hasilkan..banyak orang memulai jalan menuju kesuksesannya pada fase young adulthood..

    semoga ke depannya kita capable untuk menjadi manusia dewasa..hufff..

  2. Nisa said

    Thought-provoking, Ramda…
    I haven’t even reach 19, so I don’t know how you (or my fellow “classmates”) think about being 20-something. Tapi, well, jujur… di kondisi gw yg sekarang… gw jg ngerasa khawatir… both anxious and excited, about what will happen with me in the future. Tetep, berdasarkan yg temen2 gw bilang, jadi 20 tahun tuh rasanya “beda”. Seberapa bedanya? Dunno.

    Let’s just face the new decade in our life, ok?! ;)
    You’ve still got months til you turn 20.

    Dan pokoknya… Ramda, semangat ya. :)

  3. alia said

    wew
    sepertinya postingan ini berasa aga berat
    yang pasti, umur 20 itu pasti akan banyak hal2 baru yg akan lo lalui ! :D
    keep fightin’ !
    lo pasti bisa ram ! :D
    * ya iyalah, masa maw jadi anak umur belasan terus :p

  4. arimbi said

    anjrit. tulisan yang cukup menusuk. haha gw jg mengalami kurang lebih sindrom kayak gitu, setelah ultah ke 19 gw kemaren. perasaan ‘oi lo udah cukup tua untuk bisa accomplish banyak hal, udah cukup tua untuk mau berubah ninggalin segala sifat buruk, untuk ngisi waktu2 lo ke arah hal yang lebih berguna, untuk mau mikirin orang lain dan gak jd egois’

    hoohh gw kira cuma gw orang yang tiba2 jadi ribet sendiri dan diliputi fear luar biasa ketika nyadar bahwa umur udah makin nambah

    ternyata perkara jadi dewasa dan nyari jati diri itu emang bikin pusing ya

Leave a Reply

